|
Perbaikan Bank
Soal?
Yogyakarta, Minggu 5 Agustus 2012
Sebagai seorang dosen, tentu kita harus selalu
memperbaiki bahan kuliah, termasuk soal-soal yang kita
gunakan untuk ujian. Soal ujian sebaiknya diperbaiki secara
periodik, agar mahasiswa yang membaca lebih memahami dan
juga secara visual menarik. Nah lho, biasanya kompetensi
dosen adalah pada bidang masing-masing, sehingga membuat
soal menarik dengan bantuan perangkat lunak terkait belum
tentu dikuasai. Oleh karena itu, sebenarnya, sebuah
institusi pendidikan harus mempunyai unit pengembang
multimedia untuk pembelajaran. Masing-masing dosen hanya
butuh menguasai bidang ilmu masing-masing, sedangkan
penyajiannya secara menarik dapat dibantu dengan unit
ini.
Kebetulan saya mengajar Statistika Terapan untuk bidang
sumberdaya air, di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan,
Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Untuk UAS (ujian
akhir semester) pada bulan Juli 2012, saya menggunakan
permasalahan debit andalan sebuah sungai sebagai topik soal
UAS. Saya buat soal ini dengan menggunakan
spreadsheet, agar hitungan dapat disesuaikan dengan
keperluan mahasiswa dan dapat digunakan berulang-ulang.
Data, analisis, dan penyajian hasilnya, pada awalnya seperti
disajikan pada Gambar 1.
Gambar 1. Bank soal pada awal pembuatannya.
Sebenarnya jawaban pada Gambar 1 di atas, bukan versi
awal dari bank soal yang saya buat, namun sudah beberapa
kali mengalami revisi. Beberapa hari kemudian, pada saat
senggang, saya timbul ide untuk memperbaiki jawaban di atas,
agar lebih informatif, maka saya ubah seperti disajikan
dalam Gambar 2.
Gambar 2. Bank soal setelah mengalami perbaikan.
Beberapa jam kemudian, saya timbul ide untuk membantu
institusi saya agar lebih dikenal masyarakat luas, maka bank
soal ini saya ubah dan hasil akhirnya saya sajikan pada
Gambar 3.
Gambar 3. Bank soal dalam bentuk final (unduh
versi resolusi penuh 3MB).
Agar multiplier effect dari bank soal dan
institutional image building terjadi, maka bank soal
ini saya unggah ke Facebook,
seperti tersaji dalam Gambar 4.
Gambar 4. Bank soal dan komentarnya di Facebook.
Dengan cara ini seorang dosen dapat membantu peserta
didik memahami topik kuliah dan melakukan institutional
image building secara bersamaan!
|
|
oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc.,
Ph.D.
(Djoko Luknanto,
Jack la Motta,
Luke
Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/,
http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)
Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676,
519788
|