... apa yang saya pikirkan untuk Indonesia tercinta ...


Perbaikan Bank Soal?

Yogyakarta, Minggu 5 Agustus 2012

Sebagai seorang dosen, tentu kita harus selalu memperbaiki bahan kuliah, termasuk soal-soal yang kita gunakan untuk ujian. Soal ujian sebaiknya diperbaiki secara periodik, agar mahasiswa yang membaca lebih memahami dan juga secara visual menarik. Nah lho, biasanya kompetensi dosen adalah pada bidang masing-masing, sehingga membuat soal menarik dengan bantuan perangkat lunak terkait belum tentu dikuasai. Oleh karena itu, sebenarnya, sebuah institusi pendidikan harus mempunyai unit pengembang multimedia untuk pembelajaran. Masing-masing dosen hanya butuh menguasai bidang ilmu masing-masing, sedangkan penyajiannya secara menarik dapat dibantu dengan unit ini.

Kebetulan saya mengajar Statistika Terapan untuk bidang sumberdaya air, di Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Untuk UAS (ujian akhir semester) pada bulan Juli 2012, saya menggunakan permasalahan debit andalan sebuah sungai sebagai topik soal UAS. Saya buat soal ini dengan menggunakan spreadsheet, agar hitungan dapat disesuaikan dengan keperluan mahasiswa dan dapat digunakan berulang-ulang. Data, analisis, dan penyajian hasilnya, pada awalnya seperti disajikan pada Gambar 1.


Gambar 1. Bank soal pada awal pembuatannya.

Sebenarnya jawaban pada Gambar 1 di atas, bukan versi awal dari bank soal yang saya buat, namun sudah beberapa kali mengalami revisi. Beberapa hari kemudian, pada saat senggang, saya timbul ide untuk memperbaiki jawaban di atas, agar lebih informatif, maka saya ubah seperti disajikan dalam Gambar 2.


Gambar 2. Bank soal setelah mengalami perbaikan.

Beberapa jam kemudian, saya timbul ide untuk membantu institusi saya agar lebih dikenal masyarakat luas, maka bank soal ini saya ubah dan hasil akhirnya saya sajikan pada Gambar 3.


Gambar 3. Bank soal dalam bentuk final (unduh versi resolusi penuh 3MB).

Agar multiplier effect dari bank soal dan institutional image building terjadi, maka bank soal ini saya unggah ke Facebook, seperti tersaji dalam Gambar 4.


Gambar 4. Bank soal dan komentarnya di Facebook.

Dengan cara ini seorang dosen dapat membantu peserta didik memahami topik kuliah dan melakukan institutional image building secara bersamaan!


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/artikel/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/artikel/)

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788