Jakarta Deep Tunnel

dikumpulkan dari berbagai sumber
untuk mempercepat penyebaran informasi secara efisien
dan menambah percepatan kemajuan Indonesia tercinta ...

Motivasi Penulisan

Artikel ini mulai ditulis Jumat 11 Januari 2013, pukul 17:00 wib. Kalau tidak salah ingat, sebenarnya pada tahun 2007, saya membaca artikel di koran Kompas Cetak tentang MPDT (Multi Purpose Deep Tunnel gagasan Pak Firdaus Ali ). Pada saat itu, saya kurang tertarik karena konsepnya saya pandang terlalu mengada-ada. Kebetulan bidang keilmuan yang saya tekuni adalah hidraulika komputasi yang didalamnya termasuk pengendalian banjir:-). Pada tahun 2013, ketika Pak Jokowi menjadi gubernur DKI, ternyata konsep MPDT ini dikemukakan lagi kepada publik pada bulan Januari 2013, saya menjadi tertarik untuk mencermati. Analisis yang disajikan di sini hanya dari sudut pandang sistem pengendalian banjir saja. Dalam artikel ini konsep yang dikemukakan oleh Pak Jokowi sebagai gubernur DKI dalam pelbagai media massa saya acu menggunakan istilah Jakarta Deep Tunnel (JDT).

To the point

Hanya dengan menggunakan hitungan sederhana seperti saya sajikan dalam tayangan, tampak bahwa konsep JDT sebagai sistem pengendalian banjir sama sekali tidak efektif, karena

  1. kemampuan tampungnya sangat kecil dibandingkan debit banjir yang harus dikelola, dan
  2. membutuhkan biaya besar untuk mengosongkan JDT tersebut dengan pompa untuk dapat digunakan menampung banjir berikutnya.

Saran

Pengendalian banjir membutuhkan penanganan yang komprehensip dan harus mengikuti kaidah keilmuan terkait, tidak hanya sekedar terobosan teknologi canggih, mencengangkan kalayak awam, namun tidak layak bangun. Saran saya kepada kota Jakarta:

Catatan

Pendapat yang diuraikan di sini adalah pendapat pribadi Djoko Luknanto, bukan pendapat/sikap resmi Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada.


oleh Ir. Djoko Luknanto, M.Sc., Ph.D.
Facebook - PerkuliahanTweeter - Djoko LuknantoLinkedin - Djoko LuknantoFacebook - Djoko Luknanto
(Djoko Luknanto, Jack la Motta, Luke Skywalker,)
(Alamat situs ini: http://luk.staff.ugm.ac.id/, http://luk.tsipil.ugm.ac.id/)  

Peneliti Sumberdaya Air
di Laboratorium Hidraulika
Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik
Universitas Gadjah Mada
alamat:
Jln. Grafika 2, Yogyakarta 55281, INDONESIA
Tel: +62 (274)-545675, 519788, Fax: +62 (274)-545676, 519788