Jakarta Deep TunnelJakarta Deep Tunnel
dibandingkan dengan
Kuala Lumpur SMART
Pandangan awal oleh Djoko Luknanto
11 Januari 2013
Jakarta Deep TunnelJakarta Deep Tunnel
Sebenarnya rencana Jakarta deep tunnel(JDT) sudah pernah dilakukan penelitianbeberapa tahun yang lalu (saya lupa kapan,lihat http://bebasbanjir2025.wordpress.com/teknologi-pengendalian-banjir/deep-tunnel-reservoir-system/).
Sekarang menjadi populer lagi karenapolitikus Jokowi mengemukakan lagi rencanatersebut setelah menjadi Gubernur DKI Jaya.
Ada yang membandingkan dengan KualaLumpur SMART (StormwaterManagement And Road Tunnel)
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
2
JDT vs SMARTJDT vs SMART
Ilustrasi yang disajikan ini tidak melalui analisismendalam, namun sekedar menayangkanbeberapa perbedaan prinsip antara JDT danSMART terkait dengan elevasi kota Jakartadengan Kuala Lumpur.
Data diambil dari Wikipedia, elevasi rerata kotaterhadap rerata muka air laut (MSL +0,00):
Kuala Lumpur: +21,95 mhttp://en.wikipedia.org/wiki/Geography_of_Kuala_Lumpurhttp://en.wikipedia.org/wiki/SMART_Tunnelhttp://www.tunnels.mottmac.com/projects/?mode=type&id=2047
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
3
Kuala Lumpur SMART
Sumber: http://www.tunnels.mottmac.com/aboutus/innovationandresearch/
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
4
Perbandingan elevasi JDT vs SMART
Andaikan JDT dan SMARTmenggunakan L dan Dyang sama, maka selisihΔH (tinggi potensialpemompaan air) adalah21,95 – 7 = 14,95 m
Dengan skema yang samaJDT lebih mahal SMART.
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
5
MSL +0,00
+7,00
+21,95
Jakarta
Kuala Lumpur
SMART
SMART
L = jarak bebas vertikal
D
ΔH
JDT
JDT
L = jarak bebas vertikal
D
ΔH
muka tanah
D= diameter terowong
ΔH= jarak vertikal dasar terowong terhadap MSL
Energi potensial air yang harus dipompaEnergi potensial air yang harus dipompa
ΔH, energi potensial air maksimum yangharus dipompa = L + – rerata elevasimuka tanah kota.
L, jarak bebas vertikal biasanya ditentukanterutama oleh pertimbangan geologi dankeamanan fondasi bangunan terhadapmesin bor terowong.
D, diameter terowong, ditentukan olehtujuan utama pembangunan terowong.
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
6
Kasus Jakarta Deep TunnelKasus Jakarta Deep Tunnel
Jika diambil nilai L = 35 s.d. 40 m, dan
Diameter terowong D = 10 s.d. 20 m, maka
ΔH, energi potensial air maksimum yang harusdipompa = 38 s.d. 53 m
Pertanyaan:
Jika fungsi utama sebagai tampungan banjir, makapembangunan tampungan ini kurang tepat karenaenergi yang dibutuhkan untuk pemompaan menjadibesar.
Untuk apa membuang energi memindah air banjirdalam jumlah besar ke terowong yang jauh di bawahMSL untuk kemudian dipompa ke MSL kembali?
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
7
Volume Jakarta Deep TunnelVolume Jakarta Deep Tunnel
Volume air yang dapat ditampung oleh Jakartadeep tunnel
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
8
Waktu pengisian Jakarta Deep TunnelWaktu pengisian Jakarta Deep Tunnel
Waktu pengisian Jakarta deep tunnel dengan debitbanjir 100 m3/detik
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
9
Waktu pengisian Jakarta Deep TunnelWaktu pengisian Jakarta Deep Tunnel
Waktu pengisian Jakarta deep tunnel dengan debitbanjir 200 m3/detik
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
10
Biaya pompa per jamBiaya pompa per jam
Rp adalah biaya pompa tiap jam
 adalah efisiensi pompa, asumsi 0,85
Q adalah debit air yang dipompa (m3/d)
ΔH adalah tinggi pemompaan (m)
TDL adalah tarif dasar listrik per kwj, asumsiRp800,-
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
11
Biaya pemompaan tiap jamBiaya pemompaan tiap jam
Biaya pemompaan untuk berbagai debit banjir(Q) dan tinggi pemompaan (ΔH)
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
12
KesimpulanKesimpulan
Dari pelbagai kemungkinan debit banjir,pada Tabel 2a dan 2b tampak bahwa JDTakan penuh hanya dalam beberapa kalibanjir.
Untuk dapat menampung kejadian banjirberikutnya, dibutuhkan pengosongandengan biaya pemompaan yang besar(lihat Tabel 3).
JDT dari sisi pengendalian banjir samasekali tidak efektif.
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
13
Tunnel Boring Machine
Sumber: http://www.roadtraffic-technology.com/projects/westerschelde-tunnel/westerschelde-tunnel3.html
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
14
Wahai Jakarta …
Ubahlah paradigma sikap hidup kamu!
Hiduplah berdampingan dengan air!
Rencanakan tatakota metropolitan yangberadaptasi dengan dunia air.
Buatlah rumah panggung di daerah tergenang,belajarlah dari teman-teman di pulau Kalimantanyang hidup di rawa.
Jangan terlalu mengandalkan solusi teknologicanggih, mahal dan padat modal, sulit dipeliharaserta belum tentu tepat guna.
1/11/2013
Djoko Luknanto (luknanto@ugm.ac.id)
15